“Barter Jiwa”


sebuah kiasan yang bermakna terlalu luas.

Anda tidak perlu merasa tersinggung jika memang ini bukanlah perilaku yang anda lakukan. Kalau saya? Saya sedang mereviewnya sekarang. 3 tahun terakhir saya melakukan barter jiwa dengan berbagai hal.

1) Uang.

2) Jabatan.

3) Uang.

Bayangkan saja, hanya dalam 3 tahun saya sudah membarterkan jiwa saya untuk 3 hal diatas. Bagaimana dengan orang yang sudah berusia 30 tahun? 50 tahun? 60 tahun? 70 tahun? Adakah orang yang seumur hidupnya tidak pernah membarterkan jiwanya untuk hal lain? atau malah seumur hidup membarterkan jiwanya? Saya akan angkat topi. Bagaimana caranya tetap hidup di masyarakat modern tanpa barter jiwa? Bagaimana caranya tetap mempertahankan jiwa kita otentik dengan tetap mempertahankan posisi di masyarakat?

Pertanyaan saya mungkin tidak ada jawaban pastinya. Tapi, dengan mempertanyakan hal ini, berarti anda telah berusaha memikirkan kesejahteraan jiwa anda.

-Provocative night-

Author: onedust

House-Wife. Writer. Blogger. Translator. Chef. Mother. Possibly every other job.

Leave a Reply

