Perempuan, berkaryalah!


21 April adalah harinya perempuan (atau wanita, yang mana yang anda sreg saja). secara kebetulan, hari ini saya ingin menuliskan pendapat mengenai perempuan. kenapa? karena saya juga perempuan.

Perempuan Indonesia,

Figur yang memiliki banyak peran.

Perempuan sebagai ibu, Perempuan sebagai teman baik, Perempuan sebagai pekerja, Perempuan sebagai anak, Perempuan sebagai partner, Perempuan sebagai istri, Perempuan sebagai orang tua tunggal, Perempuan sebagai menantu, Perempuan sebagai kepala keluarga, Perempuan sebagai pencari nafkah.

Dengan sekian banyak peran yang dimainkan oleh perempuan, perempuan layak mendapatkan apresiasi. Apresiasi terhadap perempuan terus tumbuh dari masa ke masa, tapi tetap saja apresiasi tersebut masih digaungkan… karena masih kurang. Maaf tidak kongkrit tapi apresiasi (1 kata ini saja) mengandung segudang makna (atau penulis tidak mau repot menuliskan sekian banyak maknanya hehe).

Dari beberapa perspektif, perempuan kurang terapresiasi karena perempuan tidak memposisikan dirinya sebagai yang layak terapresiasi. perempuan sering cepat puas dengan apa yang sudah didapat.

Bagi sebagian perempuan, gaji 4 juta/bulan yang penting cukup untuk fashion dan makan di restoran mahal. Bagi sebagian perempuan, tidak melanjutkan pendidikan lebih tinggi pun tidak masalah, walaupun ada kesempatan. Bagi sebagian perempuan, yang penting bisa mengurus suami sudah cukup. Bagi sebagian perempuan, yang penting bisa kerja kantoran tidak usah jadi bos juga tidak apa-apa. Bagi sebagian perempuan, menerima amplop gaji dari suami saja sudah cukup walaupun dikasih kesempatan bekerja.

Selama ini perempuan selalu dibandingkan dengan laki-laki dalam banyak aspek terutama di dunia kerja. Perempuan dinilai terlalu emosional dalam mengambil keputusan. Perempuan dinilai terlalu cengeng saat menghadapi masalah. Perempuan dinilai tidak layak menaiki jenjang lebih tinggi.

Saya akan bilang, kenapa mesti dibandingkan!!

Jangan bandingkan perempuan dengan laki-laki, sejak awal memang sudah beda. Yang bisa membandingkan seorang perempuan hanyalah perempuan lainnya. Ambillah satu figur perempuan yang anda hormati, dan jadikan sebagai penyemangat anda, dan upgrade diri anda ke arah yang lebih baik. Jaman sekarang, banyak kesempatan tersia-siakan oleh perempuan karena perempuan sendiri yang membatasi pengembangan dirinya. Jangan takut kalah saingan dengan laki-laki. Takutlah kalah bersaing dengan perempuan lain.

Tentukan target diri yang lebih tinggi, bekerja keras, dan berkarya.

Anda hanya pembantu rumah tangga? Jangan kecil hati. Apa hal terbaik yang bisa dilakukan seorang pembantu rumah tangga? (misalnya) terus belajar resep makanan nusantara (lumayan kan kalau bisa buka warung nasi kalau sudah tidak bekerja).

Anda hanya Ibu rumah tangga ? Jangan kecil hati. Ibu rumah tangga adalah profesi paling menyenangkan dan bisa dibilang paling fleksibel. Waktu tersedia untuk anda manfaatkan penuh,selain mengurus anak dan suami. your biggest advantage is that you can do anything that support your family while still can take care of your family.

Anda perempuan pekerja kantoran yang karirnya mandeg? Jangan kecil hati. Banyak hal yang bisa dilakukan seseorang saat menempati posisi non-manajerial. Coba saja ikut les atau training atau short course atau apapun yang anda sukai untuk menambah pengetahuan.

Poin saya adalah perempuan Indonesia jangan cepat puas dengan diri anda, teruslah menimba ilmu, teruslah menjadi lebih baik karena kita berhak mendapat yang terbai.

Perempuan, berkaryalah!

-Author-

Advertisements

Author: onedust

House-Wife. Writer. Blogger. Translator. Chef. Mother. Possibly every other job.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s