I’m Gay, so what?!


Friendsss.. Pernah ketemu / punya teman yang mengaku gay atau lesbi?

Biasanya mereka tidak akan bilang, “I’m gay, so what?” sesantai itu, kecuali anda adalah orang sangat mereka percaya.

dan tidak mudah menjadi orang yang terpercaya. Karena… Kecuali kita adalah sesama orang satu kelompok, kita tidak akan mengerti apa yang mereka rasakan. Saya punya 1-2 teman yang lesbian dan gay, well sebenarnya saya tidak prefer menyebut sebutan ini karena kesannya memarjinalkan. Saya sebut saja, Unique. Because they are unique in many ways most people aren’t. dan walaupun saya terbilang open-minded, saya pun masih tidak mengerti apa yang mereka rasakan.

tapi beberapa orang yang saya kenal, yang tahu punya teman lebih “unique” dari lainnya, mereka cenderung untuk menjauh. Why is that? Ada yang bilang takut ketularan.. Hahaha.. saya suka geli mendengarnya, memangnya itu penyakit menular ya? Atau karena tuntutan profesi orang menjadi gay? Hm…Setiap profesi punya konsekuensi dan risikonya sendiri-sendiri, jadi jangan pilih profesi yang anda akan sesali karena takut tertular penyakit “gay”… or just accept it and deal with it. Kadang-kadang orang suka ga pede dengan dirinya sendiri. Menurut saya, selama kita punya strong sense of self, kita bisa pilih kita mau jadi orang yang seperti apa. up to us.

Ada lagi yang menjauh karena ilfil?? atau malas dinilai sama kalau bergaul dengan orang yang “unique”.. so what getu lho??! Sekali lagi, I think this is just lame reason. They don’t deserve to be marginalized. Saya pernah tinggal dalam waktu cukup lama di tempat dimana saya adalah minoritas, walaupun bukan dalam konteks sexual preference. tapi disitu saya belajar, bahwa termarginalkan adalah hal yang sangat tidak menyenangkan. Hanya karena kita kebetulan tidak di aliran mainstream, apakah serta merta kita salah? Rasanya kurang tepat mengeneralisasi apapun. tapi itu yang selalu dilakukan di masyarakat komunal seperti disini. Anyway, seperti layaknya kaum minoritas, saya berjuang untuk membaur dengan warga sekitar, dan effortnya berkali-kali lipat ketimbang kita bergaul di lingkungan yang kita memang sudah familiar. Disitu saya menghargai perasaan dan effort teman-teman saya yang “unique” , yang berusaha berbaur dengan keadaan sekitar (My friend out there, you know I never offend you whatever path you chose). More or less, it is the same.

Saya punya contoh kasus tentang orang yang cukup shock karena mendengar dari satu orang teman bahwa teman yang lainnya gay. Singkat cerita, Dia chatting dengan saya di YM. Terus dia tanya ,”Res… si X kan gay ya?”, respon saya ” Oh iya.. udah lama kali..”. Setelahnya dia bingung kenapa saya bisa merespon sesantai itu.. saya lanjutkan,” Emangnya kenapa? Emangnya setelah jadi gay, terus dia jadi jahat ma gue.. kan enggak.. “, Kemudian teman saya masih ingin mendebat,” ya.. tapi kan.. ya lu tau lah.. dia kan beda..”. LAHH, TERUS PIYE?? Chatting diakhiri dengan dia yang masih tidak tahu mau berbuat bagaimana, ditambah lagi dia bingung respon santai saya, plus disekitarnya (nampaknya) baru ada 1 orang yang “unique”. Get over it dude!

Anyway, just a personal opinion : Ini bukan hal yang harus diperangi dalam arti kata yang sebenarnya. Saya pecinta damai. Berharap semua orang bisa hidup rukun dan saling mengerti. Karena mereka dan kita tidak berbeda. Baik buruknya seseorang bukan dilihat dari sexual preference-nya tapi seberapa banyak mereka berbuat baik bagi sesama. (menurutku sih…) Well, daripada banyak omong begini, lebih baik kita tanya diri masing-masing.. are we any better than them as a person so that we can discriminate them? I think human value lies on own’s conduct as long as you do good deeds to the society.

– Discriminate if you want to be discriminated, otherwise don’t do it-

Author

Author: onedust

House-Wife. Writer. Blogger. Translator. Chef. Mother. Possibly every other job.

1 thought on “I’m Gay, so what?!”

Leave a Reply

